Pencegahan dan Pemulihan Stroke dengan Terapi Air Hangat

Pencegahan dan Pemulihan Stroke dengan Terapi Air Hangat

 

Air merupakan sumber kehidupan dan dapat pula memulihkan kehidupan.Begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari air, salah satunya yaitu untuk pencegahan sekaligus pemulihan penyakit stroke dengan metode terapi air hangat. Airhangat adalah satu media terapi yang bisa mencegah dan memulihkan seseorang dari penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan efek hidrostatik, hidrodinamik dan suhu hangatnya yang membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Selain dapat memperlancar peredaran darah air hangat juga memberikan efek ketenangan bagi tubuh.

Memang memulihkan seseorang dari penyakit stroke tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesadaran dan kedisiplinan dari diri sendiri dan orang disekitarnya. Salah satu terapi yang dapat memulihkan otot dan sendi yang kaku adalah hidroterapi.
Hidroterapi, menurut dr Peni Kusumastuti SpRM merupakan salah satu bentuk terapi latihan dengan menggunakan modalitas air hangat. Terapi yang ditawarkan adalah therapeutical pool (terapi latihan di kolam).

Air yang digunakan memiliki suhu 31 derajat celsius. Kisaran suhu ini cukup aman dan memberikan efek relaksasi bagi pasien, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan rasa nyeri dan meningkatkan kemampuan alat gerak serta memengaruhi oksigenisasi jaringan sehingga dapat mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri, menenangkan jiwa dan merilekskan tubuh.


Dasar utama penggunaan air hangat untuk pengobatan adalah efek hidrostatik dan hidrodinamik. Secara ilmiah, air hangat mempunyai dampak fisiologis bagi tubuh.

Pertama, berdampak pada pembuluh darah. Hangatnya air membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Kedua, faktor pembebanan di dalam air akan menguatkan otot-otot dan ligament yang mempengaruhi sendi-sendi tubuh. Jangan heran, apabila Anda yang menderita penyakit encok dan rematik, terapi dengan air hangat sangat baik un­tuk penyembuhan penyakit tersebut.

Ketiga, latihan di dalam air berdampak positif terhadap otot jantung dan paru-paru. Latihan di dalam air membuat sirkulasi pernapasan menjadi lebih baik. Efek hidrostatik dan hidrodinamik pada terapi ini juga membantu menopang berat badan saat latihan jalan.

 

Selain hal-hal positif diatas, jika seseorang merendam kaki dengan air hangat selama 15 menit setiap malam, dan memijat bagian bawah kaki, hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah yang natinya akan memberikan efek nyaman saat tidur malam. Hal tersebut juga merupakan cara yang bagus untuk mencegah penyakit stroke. Perbanyak latihan dan pemijatan pada bagian bahu, siku, pergelangan tangan, dan sendi lutut akan sangat membantu pemulihan seseorang dari penyakit stroke.

 

Bagi Anda yang peduli terhadap kesehatan diri dan keluarga serta ingin melakukan terapi air hangat tersebut sendiri dirumah, kini tidak perlu bingung dan khawatir lagi pasalnya telah banyak beredar pemanas air untuk kebutuhan rumah tangga. Mulai dari pemanas air listrik, pemanas air gas, sampai pemanas air tenaga matahari. Pilihlah pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan yang paling penting pemanas air tersebut aman, ramah lingkungan, serta hemat energi.

Pemanas Air Real Estate
Pemanas Air Rumah Tangga
Pemanas Air Industri dan Komersial

Career Opportunity